Minggu, 01 Februari 2015

Cuankie Acong

Diposting oleh anandaadityan di 22.24


Cuankie...

Apakah cuankie itu??
 
Pertama saya denger kata cuankie, dulu waktu saya masih sekolah.. kirain makanan berasal dari dataran cina atau tiongkok.. karena namanya itu kaya bahasa mandarin – mandarin gitu...

Namun seiring berjalannya waktu, dan saya sudah semakin dewasa.. baru saya tahu maksud dari nama cuankie itu..

Ternyata CUANKIE itu berasal dari singkatan Cari UANg jalan kaKIE.. ooohh.. dari situ saya mulai  sadar dan paham..  pantesan selama ini cuankie sering dijual pedagang keliling pake kaki.. ga pake mobil atau motor -____-

Cuankie sama saja dengan baso tahu kalo menurut saya sih..

Nah, kenapa saya membahas cuankie? Karena kebetulan di RS tempat saya bekerja, ada sebuah kantin yang menyediakan menu cuankie.. tidak seperti kebanyakan cuankie – cuankie lain yang dijajakan keliling, cuankie ini stand by di kantin tempat saya bekerja.. saya sendiri bertanya2 kenapa namanya tetap cuankie, padahal kan ga jalan kaki... kira2 kalo saya kasih usul namanya ganti jadi CUANTIN (Cari uang di kantin) bakalan diterima ga ya?? Sudahlah tak usah dibahas.. lupakan saja..

Dan cuankie yang stand by di kantin yang saya maksud tadi..
Namanya adalah....

























Cuankie acong 

Mengapa dinamakan cuankie acong?
 
Acong itu nama orang yang jualannya, sebenernya yang jualannya itu ada 2 orang... si acong sama si bibi.. dan entah kenapa orang2 ngasih nama cuankie acong, bukan cuankie bibi...
(Dan selama saya bekerja disini, sampai sekarang saya tidak tahu nama asli mereka :D.. dan apa hubungan mereka berdua.. hal ini sempat saya bahas dengan teman2 saya, namun akhirnya kita semua menutup pembahasan ini karena memang ga penting.. :D)

Cuankie disini beda dengan cuankie yang sering dibawa c amang2 pedagang keliling ..

Bedanya apa?

Ukuran Cuankie nya lumayan gede... baso tahunya juga lumayan gede... mengembang gitu
Dan rasanya enak lah kalo menurut saya,
menurut mama saya yang waktu itu berkunjung ke rumah, dan saya beliin cuankie, juga bilang enak,
adik saya juga bilang begitu :D
malah mereka kalo berkunjung ke rumah, suka minta dibeliin....

daripada penasaran, ini dia penampakannya



ini satu porsinya 10.000, kalo dulu sih Cuma 8000.. dampak BBM naek kata si acong mah.. 

nah kalo kalian kebetulan ada saudara yang dirawat, atau cuma sekedar mampir ke RS Sekarwangi, ga ada salahnya nyobain cuankie ini.. he2

datang aja ke kantin RS sekarwangi, tempatnya deket mesjid..
atau tanya aja ke karyawan RS, tentang cuankie acong ini, pasti pada tahu :D

ini bukan promosi loh.. cuma info aja bagi kalian yang suka wisata kuliner, umumnya wisata kuliner per-baso-an, dan khususnya wisata kuliner per-cuanki-an.. 

akhir kata saya ucapkan terima kasih ^^

sekian liputan makan2 saya kali ini
salam
hehehe...

2 komentar:

  1. nanti.klo dari.nagrak selatan jauh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya sih lumayan jauh hehe, patokannya rumah sakit sekarwangi mas

      Hapus

 

AnandaAdityaN Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea